Selamat datang di BLOG BELAJAR TANPA BATAS bersama saya Rahmadona Sugiaty. Mari kita belajar dengan PORTAL RUMAH BELAJAR. BELAJAR DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, DENGAN SIAPA SAJA
Blog Dunia Pendidikan: Menulis karena membiasakan

Menulis karena membiasakan

Saat saya memulai menulis, tidak pernah terlintas bahwa kelak akan terbiasa menulis. Tetapi memang kenyataannya kebiasaan menulis harus dimulai dengan pembiasaan. Pelatihan demi pelatihan menulis sering saya ikuti walaupun belum bisa sekreatif dan semaksimal penulis-penulis lainnya. Tetapi semua saya mulai dari nol. Mencoba dan terus selalu mencoba. Itu yang selalu saya lakukan. Apapun yang saya tulis adalah semoga saja bisa bermanfaat dan memotivasi diri saya untuk selalu semangat dalam menulis, juga bisa memotivasi yang lainnya.

Keinginan menjadi seorang penulis yang handal dan terkenal sepertinya sangat jauh dari benak saya. Tetapi sebagai seorang guru Sekolah Dasar yang menjadi teladan bagi murid-muridnya, saya akan mencoba menulis. Karena menurut saya sebagai seorang guru yang ingin murid-muridnya kreatif, sudah seharusnya memberikan contoh yang kreatif juga.

Mengikuti berbagai pelatihan terutama dalam hal menulis merupakan salah satu cara atau trik saya untuk bisa menulis dengan kreatif. Karena pembiasaan dalam menulis memang harus memulai dan jangan menunda-nunda.

Pembelajaran hari ini yang saya peroleh dari Grup Whatsapp Belajar Menulis Gel.14 yaitu konteks untuk penulisan di media online antara lain:

  1. Judul menarik
  2. Tulisan tidak terlalu panjang
  3. Kekinian
  4. Mengungkapkan sisi pribadi boleh saja.
  5. Tulisan mengalir

Menulis berarti mengasah pikiran. Kata mengasah berarti menyingkirkan hal-hal yang membuat tulisan kurang tajam. Caranya dengan menempatkan proses mencari ide sama pentingnya dengan proses menulis itu sendiri. Hal lain adalah kegiatan mengedit tulisan berarti anda sedang memastikan bahwa pikiran anda sudah tajam untuk disampaikan pada pembaca.

Tetap semangat menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar