Selamat datang di BLOG BELAJAR TANPA BATAS bersama saya Rahmadona Sugiaty. Mari kita belajar dengan PORTAL RUMAH BELAJAR. BELAJAR DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, DENGAN SIAPA SAJA
Blog Dunia Pendidikan: Catatan hari Senin

Catatan hari Senin

 Semangat pagi...!

Di hari Senin, setelah selesai melaksanakan pembelajaran secara daring dengan siswa. Saya melihat grup Whatsapp Belajar Menulis Gel. 14 dan mendapatkan informasi bahwa ada Lomba Blog PGRI. Gratis untuk peserta lomba anggota PGRI dengan Tema : Menulis di Blog Jadi Buku dengan panjang tulisan minimal 300 kata dan maksimal 1500 kata. Menulis setiap hari di Blog dari tanggal 1 sampai 28 Februari 2021.

Sumber gambar grup Whatsapp Belajar menulis gel. 14


Setelah mengikuti berbagai pelatihan saat pandemi covid 19 ini, saya memiliki blog dan juga channel YouTube sebagai alat berbagi di sosial media. Sangat senang bisa ,engenal Om Jay saat mengikuti PembaTIK Level 4. Saya juga sangat suka menulis. Menulis memang bukanlah suatu hal yang mudah. Tetapi saya terus berlatih agar bisa lebih kreatif dalam menulis. Pelatihan SAGUSAKU  (oleh IGI) dan  SAGUSABU (oleh Media Guru) pernah saya ikuti. Tetapi sampai saat ini, hanya karya tulis di surat kabar dan majalah yang pernah saya terbitkan. Belum pernah memiliki satu buku karya tunggal saya.

Setelah mengikuti berbagai pelatihan, sayapun berusaha keras dan terus mencoba membuat satu karya saya dalam bentuk buku. Mudah-mudahan dalam tahun ini bisa terbit.

Buku tersebut berjudul : Peran serta orangtua saat belajar dari rumah.

Walaupun belum selesai proses pembuatan buku tersebut, tetapi saya sudah sangat gembira. Karena selain bertugas sebagai Guru di SD Negeri 165732 saya juga ibu dari 2 orang putra dan 1 orang putri. Putra pertama saya sekarang duduk di Kelas 8 SMP Negeri 4 Kota Tebing Tinggi Sumatera Utara. Putra kedua saya Kelas 1 SD Negeri 165718, dan putri bungsu saya masih berusia 2 tahun. Saya masih terus menyelesaikan tulisan saya tersebut, sambil mengikuti lomba menulis di blog ini. Walaupun saya merasa belum bisa semaksimal penulis-penulis lainnya. 

Alhamdulillah, di tahun 2020 ini saya bisa menjadi Kandidat Duta Rumah Belajar Sumatera Utara.


Karena mengikuti PembaTIK sampai Level 4, saya jadi bisa mengenal Guru-Guru hebat se Indonesia. Bisa mengenal Om Jay. Semangat semakin bertambah setiap hari. Semangat bersama demi Negeri tercinta...! Di PembaTIK Level 4 tahun 2020 kami juga dituntut tugas-tugas yang begitu meningkatkan kompetensi seorang Guru. Selain memiliki channel YouTube juga memiliki blog untuk tulisan dan laporan kegiatan berbagi. Karena Level 4 adalah Level Berbagi.

PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).

Walaupun tak mudah untuk menulis, apalagi setiap hari. Saya akan berusaha mengikutinya dengan baik. Semoga saja bisa menjadi tulisan buku yang terbit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar